Minggu, 23 November 2008

Wawancara Melalui Hologram

Pada hari Rabu 5 November 2008 lalu, adalah saat dimana proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika, tepatnya sekitar Pkl. 09.00 – 12.30 WIB. Pada saat yang sama stasiun televisi CNN melakukan liputan penghitungan suara tersebut.

Awalnya yang membuat kagum adalah sebuah teknologi layar sentuh canggih yang mereka pakai untuk menjelaskan situasi yang terjadi. Teknologinya mirip Microsoft Surface tapi dalam bentuk vertikal. Si pembawa acara dengan cepatnya bergerak melakukan simulasi (bagaimana seandainya suatu negara bagian dimenangkan si A atau B), mengambil data historis (dari pemilu sebelumnya), dan mengambil data demografi. Data demografinya sendiri sangat banyak variabelnya. Benar-benar lengkap!

Hal yang lebih menarik adalah waktu mereka mengadakan wawancara melalui… hologram! Si pembawa acara duduk di studio, lalu di depannya tiba-tiba muncul orang yang diwawancarai (yaitu will.i.am yang menggubah lagu Yes, We Can). Dia muncul dalam bentuk tiga dimensi seolah-olah sedang berada di situ. Mereka pun bercakap-cakap dan setelah wawancara selesai dia menghilang.

Adapun artikel diatas jika anda ingin membaca artikel aslinya yang berisi kesaksian langsung dari penulisnya maka dapat anda lihat di situs http://www.gayahidupdigital.com/category/trend-it.

Analisis yang bisa saya berikan adalah Interaksi Manusia dan Komputer yang diterapkan stasiun televisi CNN benar – benar memukau dari mulai teknologi layar sentuh canggih hingga yang paling menarik yakni wawancara melalui hologram yang membuat Interaksi Manusia dan Komputer seolah – olah telah berkembang ke tingkat selanjutnya menjadi Interaksi Manusia dan Manusia walaupun kata manusia yang kedua masih dalam bentuk Komputer.

Ada Komentar ? Silahkan berikan komentar anda.

Tidak ada komentar: